× Home Contoh Desain Jersey Cara Order Harga Spesifikasi Portfolio Testimoni Blog Hubungi
Whatsapp: 0852-7000-9500 Jersey Printing Bikin Jersey Full Print Murah
WA / Telp
0852-7000-9500
Buka Setiap Hari
08:00 - 22:00 WIB

Pandemi Corona dan Pengaruhnya di Penjualan Jersey

Pandemi corona sudah melanda dunia hampir 1 tahun telah memberikan dampak besar bagi dunia konveksi, salah satunya jersey. Penjualan telah menurun di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apalagi kegiatan olahraga juga masih dibatasi oleh pemerintah sehingga minat terhadap atribut sebuah tim cukup menurun dengan pesat.

Dunia olahraga memang tidak bisa dilepaskan dari atribut tim. Apalagi peran atribut ini merupakan sebagai sebuah kebanggaan tersendiri. Salah satu atribut paling banyak diminati adalah seragam tim. Ini merupakan atribut yang bisa dipakai kapan saja tanpa ada halangan, terutama di kota asal tim tersebut berdiri.

Jersey dan Pandemi Corona

Sebagai contoh adalah jersey dari klub sepak bola seperti Arsenal, Liverpool, dan sebagainya. Bagi para penggemar, memiliki kaos tersebut adalah kebanggaan tersendiri. Apalagi jika atribut tersebut asli, maka tentu rasa bahagia akan terus dirasakannya. Begitu juga dengan atribut lain ketika dimiliki oleh seorang penggemar setia.

Namun, kehadiran virus corona tanpa diduga menjadi sebuah pandemi global membuat perubahan besar. Beberapa orang kesulitan mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan uang. Akhirnya mereka tidak lagi membeli kaos olahraga milik tim kesayangannya tersebut. Selain itu, dampak dari pandemi ini cukup untuk memukul industri pembuatan jersey.

Pendapatan Anjlok Karena Sepi Peminat

Salah satu masalah paling penting dengan adanya dampak pandemi corona adalah penjualan anjlok. Minat penggemar mulai menurun bersamaan dengan tingkat pendapatan yang juga menurun. Ditambah lagi saat ini hampir tidak ada pertandingan olahraga bisa dinikmati secara langsung di stadion atau GOR tempat pertandingan.

Di Indonesia, hampir tidak ada pertandingan olahraga yang diadakan di ruang publik. Misalnya saja sepak bola yang menjadi olahraga paling populer di Indonesia. Sudah sejak lama kompetisi ditiadakan karena risiko tinggi penyebaran pandemi. Akibatnya, euforia terhadap setiap pertandingan juga menurun dengan drastis hingga sekarang.

Hal tersebut membuat ketertarikan terhadap seragam klub menjadi menurun drastis. Pengusaha konveksi juga mengalami penurunan omset selama beberapa bulan. Minat dan daya tarik terhadap seragam klub sudah tidak ada lagi. Apalagi sudah tidak ada lagi tempat untuk merayakan euforia menggunakan atribut tersebut.

Jersey printing merupakan salah satu atribut yang mudah dijumpai. Selain karena banyak pengusaha konveksi yang membuatnya, harganya jauh lebih murah. Meskipun begitu, kualitasnya juga masih bisa dipertimbangkan dalam beberapa kali pemakaian. Cukup untuk dipakai ketika ada pertandingan besar sehingga nuansa keseruan semakin bisa dirasakan.

Pengurangan Terhadap Tenaga Kerja Konveksi

Pengusaha konveksi dengan skala lebih kecil biasanya memiliki produksi terbatas. Sedangkan biaya operasional dan biaya produksi bisa dibilang cukup tinggi. Apalagi dengan kondisi perekonomian masih belum bisa stabil. Tentu saja harga bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat atribut tersebut juga mengalami kenaikan.

Pendapatan menurunsecaradrastis, namun dengan biaya produksi bertambah tentu memberikan beban terhadap banyak orang. Terlebih lagi ketika ingin membuat jersey dalam jumlah besar, maka biaya produk akan jauh lebih tinggi. Belum lagi dengan risiko bahwa produksi tersebut tidak segera laku di pasaran.

Untuk mengurangi beban biaya tersebut, biasanya pengurangan tenaga kerja adalah salah satu alternatif yang diambil. Upaya untuk bikin jersey lebih efisien dengan mengurangi jumlah pekerja akan menyelamatkan keuangan. Hal ini kemudian berdampak pada tingkat pengangguran semakin tinggi dan membuat banyak masalah lain timbul.

Pengurangan jumlah pekerja juga nanti akan berpengaruh terhadap jumlah produksi konveksi. Memang ini merupakan sebuah dilema ketika jumlah produksi menurun, berarti pendapatan menurun. Namun ketika memaksa menaikkan jumlah produksi, beban biaya operasional juga meningkat. Tentu saja pekerja biasanya yang paling dirugikan dalam hal ini.

Seperti sudah diketahui bersama bahwa pandemi corona memberikan dampak besar terhadap setiap elemen ekonomi. Perubahan yang secara mendadak membuat banyak orang tidak siap dengan perubahan baru tersebut. Hal itu juga membawa isu pengurangan kerja terjadi di industri mana saja, termasuk industri pembuat jersey.

Minat dan Daya Beli Menurun

Seperti sudah diketahui bahwa pandemi telah membuat banyak pertandingan olahraga harus dihentikandantidakbisaterselenggara. Akibatnya tidak ada pesta rakyat untuk merayakan bersama orang lain dalam stadion atau tempat olahraga lain. Tentu hal ini juga berpengaruh terhadap minat serta daya beli terhadap jersey klub kesayangan.

Ketika membeli jersey printing, itu hanya bisa digunakan di rumah saja pada aktivitas tertentu. Sedangkan tujuan dari seragam klub ini adalah dipakai ketika ada pertandingan. Nuansa dan euforianya pasti akan berbeda jauh. Tidak ada kebanggaan ketika menggunakan kaos atau seragam klub tersebut.

Ditambah dengan di Indonesia sampai saat ini kompetisi olahraga masih belum dilanjutkan. Bahkan beberapa klub memutuskan untuk membubarkan diri karena tidak mampu membayar beban biaya operasional. Lalu apa yang dilakukan penggemar klub tersebut? Apakah akan tetap mau membeli jersey klub yang sudah bubar.

Tentu jawabannya tidak. Pihak klub juga atau industri pembuat jersey akan berpikir 2 kali apakah ingin tetap membuatnya atau tidak. Jika ada penggemar ingin membeli, tentu akan menjadi pemasukan sendiri bagi pemilik konveksi. Namun bagaimana jika tidak laku? Apakah pihak konveksi akan mampu bertahan?

Daya beli masyarakat yang menurun ini tentu membawa beban besar kepada industri konveksi. Bahkan saat ini untuk menghabiskan stok produk, sering sekali dijumpai penjual di pinggir jalan. Hal ini bikin jersey dijual dengan harga lebih murah. Tujuannya supaya untuk menutupi ongkos produksi saja.

Mengganti Produksi atau Gulung Tikar

Akibat pendapatan terus menurunsecaradrastis, konveksi yang bikin jersey memilih untuk mengganti produksinya. Kebanyakan menggantinya dengan memproduksi alat pelindung diri atau APD bagi tenaga medis. Cara ini dilakukan supaya arus produksi dan pendapatan tetap berjalan tanpa harus mengurangi para pekerja tersebut.

Alat pelindung diri dipilih sebagai opsi produksi karena kebutuhannya cukup besar. Faktor penggunaan sekali pakai membuat alat pelindung diri harus tersedia dalam jumlah besar. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh industri yang membuat jersey untuk bertahan. Tentunya produksinya disesuaikan dengan standar kelayakan dan keamanan dari pemerintah.

Namun, beberapa tempat memilih jalan berbeda. Beberapa konveksi jersey printing memilih untuk gulung tikar karena memang sudah ada lagi biaya. Bahkan ketika ingin mengganti produksi ke alat pelindung diri, perlu biaya tambahan untuk membeli bahan bakunya. Terutama dengan memperbaiki standar produksi supaya layak pakai.

Ada banyak UMKM yang bikin jersey kemudian harus gulung tikar. Hal tersebut juga membuat persaingan dalam industri ini menjadi longgar karena tidak banyak pesaing. Namun meskipun begitu tetap saja minat dan daya beli masih menurun. Banyak pengusaha konveksi berharap supaya pandemi bisa segera berakhirsehinggasemuakembali normal.

Dampak besar dari pandemi memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hanya beberapa industri saja yang tumbuh, setidaknya bertahan. Sedangkan sisanya harus mengganti produksi atau bahkan gulung tikar. Hal ini membuat banyak masalah baru seperti menambah pengangguran. Tentu konveksi bikin jersey juga termasuk yang terkena dampak.


Baca Juga:

Sejak pandemi 2020 di Indonesia kegiatan bersepeda dengan menggunakan jersey gowes menjadi kegiatan populer. Sebenarnya bersepeda merupakan salah satu hobi yang cukup banyak penggemarnya. Namun akibat pandemi ternyata sangat berpengaruh besar bagi kegiata [...]


Bahan pakaian jersey termasuk jersey tim futsal merupakan baju yang dibuat untuk keperluan khusus dalam kegiatan olahraga. Ketika banyak bergerak dan berkeringat jersey bisa tetap lebih nyaman dikenakan karena bahannya ringan di badan sehingga performa sa [...]


Manfaatkan jersey olahraga di rumah untuk berolahraga selama pandemi corona, ini daftar aktivitas paling direkomendasikan dan dapat meningkatkan imun. Siapkan jersey olahraga agan dan mulai rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah wabah p [...]


Membahas tentang pentingnya jersey tim sebagai identitas pemain sepakbola, bulutangkis dan lain-lainnya. Simak di sini untuk pembahasannya. [...]


Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang wajib agan lakukan pilihannya ada banyak, kardio, senam, Yoga atau menari. Tetapi, tetap pakai jersey agar nyaman. [...]


Buka tiap hari 08:00 - 22:00 WIB
SMS / WA : 0852-7000-9500
Email: prokaosjogja@gmail.com
Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta