× Home Contoh Desain Jersey Cara Order Harga Spesifikasi Portfolio Testimoni Blog Hubungi
Whatsapp: 0852-7000-9500 Jersey Printing Bikin Jersey Full Print Murah
WA / Telp
0852-7000-9500
Buka Setiap Hari
08:00 - 22:00 WIB

Kapan Pandemi Corona Berakhir? Tukang Sablon Kaos Sudah Gak Kuat

Hadirnya pandemi corona selama beberapa bulan terakhir membuat para tukang sablon harus memutar otak. Hal tersebut adalah untuk mempertahankan bisnisnya dalam menyediakan jasa sablon atau pembuatan kaos. Kondisi ini cukup parah memang karena memberikan tekanan cukup besar dan berakibat pada penurunan tingkat ekonomi masyarakat.

Seperti sudah diketahui bahwa pandemi membuat segala bentuk aktifitas dibatasi. Bukan hanya di ruang publik, namun aktifitas dalam sektor usaha dan jasa juga dibatasi. Akibatnya, banyak masyarakat tidak lagi memiliki pekerjaan tetap untuk menyambung hidup. Bahkan beberapa orang harus dirumahkan karena sebab tersebut.

Hal tersebut membuat pendapatan menjadi menurun secara drastis. Akibatnya, daya beli masyarakat terhadap barang-barang tertentu menjadi menurun. Salah satunya adalah daya beli terhadap kaos atau jersey. Tidak ada lagi kepentingan untuk membeli barang-barang tersebut. Jangankan membeli kaos, untuk menyambung hidup saja banyak orang masih kesulitan.

Hal tersebut membuat banyak pertanyaan muncul. Kapan musibah ini akan berakhir dan kembali normal lagi seperti dulu. Pertanyaan tersebut muncul karena banyak usaha sablon jersey dan sejenisnya menerima tekanan berat. Biaya produksi yang cenderung naik, namun daya beli masyarakat terhadap produksinya terus mengalami penurunan.

Kapan Pandemi Corona Berakhir

Penurunan Jumlah Pemesanan Sablon Kaos

Selain menyediakan jersey atau kaos yang sudah jadi, tukang sablon biasanya juga memberikan layanan khusus. Pelanggan bisa memesan kaos dalam jumlah banyak dengan ketentuan tertentu, misalnya dipakai untuk kepentingan organisasi atau perkumpulan. Tentunya beberapa desain dan ukuran akan disesuaikan dengan apa yang pemesan inginkan.

Namun, ketika sudah banyak aktifitas publik dibatasi maka beberapa organisasi atau perkumpulan juga mengurangi aktivitasnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap pemesanan sablon kaos yang diproduksi oleh konveksi. Apalagi biasanya pemesanan seperti ini umum dilakukan karena ada aktivitas tertentu, misalnya perkumpulan penggemar klub sepak bola.

Penggemar klub sepak bola tertentu biasanya melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Ini dipakai oleh komunitas tersebut ketika sedang nobar atau menonton langsung di stadion. Sedangkan saat ini sudah tidak ada lagi kompetisi yang berlangsung. Maka tentu saja pemesanan seperti sebelumnya juga tidak ada lagi.

Sama juga dengan aktifitas pendidikan kampus yang sering mengadakan berbagai aktivitas. Biasanya kaos diberikan sebagai salah satu fasilitas kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Bukan hanya itu, namun panitia juga menggunakannya sebagai identitas. Biasanya ada perbedaan warna kaos atau desain untuk membedakannya.

Namun dengan kegiatan kampus yang dilaksanakan melalui media daring, maka aktifitas kampus juga ditiadakan. Pemesanan terhadap sablon kaos juga tidak ada lagi karena memang tidak diperlukan. Oleh sebab itu juga, pemilik konveksi mulai mengalami penurunan pemesanan. Pada akhirnya pendapatan juga menurun secara drastis.

Penurunan Jumlah Produksi Sablon Jersey

Penurunan jumlah pemesanan berakibat terhadap jumlah produksi yang menurun secara drastis. Ada risiko ketika melakukan produksi dalam jumlah besar tanpa adanya sebuah pemesanan. Bisa saja produksi kaos atau sablon tidak mendapat respon positif di masyarakat. Alasannya adalah karena tidak ada biaya untuk membeli barang tersebut.

Pada umumnya, besar atau tidak jumlah produksi tergantung dari tanggapan masyarakat. Ketika mendapatkan tanggapan positif, maka tidak ada salahnya membuat produksi tersebut banyak. Pendapatan bisa naik seiring dengan tanggapan positif dan daya beli masyarakat. Hal ini juga akan mampu untuk menjalankan biaya operasional tukang sablon.

Namun, faktor lain yang bisa memberi pengaruh terhadap daya beli masyarakat adalah tingkat ekonomi. Sudah banyak pemberitaan tentang kasus merumahkan pegawai atau bisnis yang gagal karena pandemi. Akibatnya roda ekonomi juga mengalami masalah serius. Masyarakat kemudian tidak memiliki keinginan lagi untuk membeli atau memesan kaos.

Bahkan meskipun melakukan beberapa trik pemasaran menggunakan media sosial, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh. Sablon jersey biasanya menyasar masyarakat menengah kebawah karena menawarkan harga lebih terjangkau. Namun saat ini hal tersebut masih cukup sulit dilakukan mengingat pandemi corona terus berlanjut dan tidak tahu kapan berakhirnya.

Sempat Meningkat pada Musim Pilkada

Meskipun mengalami tekanan cukup parah dalam beberapa bulan terakhir, namun faktanya beberapa tukang sablon masih bisa bernafas lebih lama. Hal tersebut terjadi ketika musim pilkada pada menjelang akhir 2020 lalu. Musim pilkada dipakai untuk memperbaiki beban biaya produksi yang sudah lama menekan pemilik konveksi.

Hadirnya musim pilkada memang memberikan berkah kepada para pemilik konveksi. Pemesanan kaos dalam jumlah besar dilakukan oleh calon pemimpin daerah. Logo atau gambar pasangan calon kepala daerah tergambar jelas pada kaos tersebut. Jumlah pemesanan juga ada ribuan unit yang akan dibagikan kepada setiap pendukungnya.

Pada musim ini pesanan memang sangat banyak dan jumlahnya besar. Tidak jarang pemilik konveksi perlu menambah pekerja, meskipun hanya bersifat sementara. Namun setidaknya mampu untuk menutupi beban biaya sebelumnya. Hal tersebut juga dimanfaatkan sebagai media promosi secara gratis kepada banyak orang terhadap kualitas kaosnya.

Ketika sebuah konveksi menerima pesanan dalam jumlah besar tersebut, maka nama konveksi akan menyebar. Tentu saja hal ini juga membantu ketika ada pesanan lain di masa depan. Meskipun waktunya cukup lama jika ingin mendapatkan pesanan dalam jumlah besar lagi, namun tetap bisa membantu pemilik konveksi.

Namun, musim pilkada hanya sesaat saja dan setelah itu kondisi kembali lagi. Pemilik konveksi tidak lagi menerima pesanan dalam jumlah besar lagi. Bahkan sablon jersey yang biasanya menjadi pesanan rutin juga menjadi sangat jarang. Pada akhirnya, musim ini hanya sebagai pemanis sesaat untuk membantu konveksi.

Kapan Musibah Ini Akan Berakhir

Dampak berkepanjangan seperti ini membuat setiap orang merasa kesulitan. Bukan hanya bagi orang biasa, namun juga bagi para pemilik konveksi. Karena itu sampai saat ini muncul banyak sekali pertanyaan kapan musibah ini akan berakhir. Apakah akan tetap seperti ini dalam beberapa tahun atau bagaimana.

Tukang sablon yang menggantungkan hidupnya dari menerima pesanan tentu berharap hal ini segera berakhir. Terutama supaya pesanan kembali lagi seperti saat sebelum adanya pandemi corona. Sebelumnya industri konveksi jersey maupun kaos cukup berkembang pesat. Namun kemudian berubah sejah pandemi mulai menyebar hingga ke seluruh dunia.

Semua orang tentu saja berharap supaya situasi seperti ini segera berakhir. Setidaknya supaya kondisi ekonomi kembali membaik dan membuat daya beli masyarakat meningkat kembali. Situasi ekonomi yang rumit memberikan tekanan besar bagi industri kecil. Bahkan tidak jarang banyak dari industri konveksi harus gulung tikar.

Memang hingga saat ini sudah banyak industri kecil seperti sablon jersey yang memilih beralih produksi. Namun tidak sedikit juga yang harus menutup usahanya karena tidak mampu menahan beban biaya. Biaya operasional menjadi beban yang cukup besar, apalagi dengan pendapatan terus mengalami penurunan tajam.

Ada pertanyaan sekaligus harapan besar supaya pandemi bisa segera berakhir. Semakin lama kondisi ini berlangsung maka semakin lama juga beban yang harus ditanggung. Bahkan hal paling parah adalah banyak industri kecil harus gulung tikar. Tidak terkecuali beberapa industri sablon kaos di banyak daerah.


Baca Juga:

Sejak pandemi 2020 di Indonesia kegiatan bersepeda dengan menggunakan jersey gowes menjadi kegiatan populer. Sebenarnya bersepeda merupakan salah satu hobi yang cukup banyak penggemarnya. Namun akibat pandemi ternyata sangat berpengaruh besar bagi kegiata [...]


Bahan pakaian jersey termasuk jersey tim futsal merupakan baju yang dibuat untuk keperluan khusus dalam kegiatan olahraga. Ketika banyak bergerak dan berkeringat jersey bisa tetap lebih nyaman dikenakan karena bahannya ringan di badan sehingga performa sa [...]


Manfaatkan jersey olahraga di rumah untuk berolahraga selama pandemi corona, ini daftar aktivitas paling direkomendasikan dan dapat meningkatkan imun. Siapkan jersey olahraga agan dan mulai rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah wabah p [...]


Membahas tentang pentingnya jersey tim sebagai identitas pemain sepakbola, bulutangkis dan lain-lainnya. Simak di sini untuk pembahasannya. [...]


Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang wajib agan lakukan pilihannya ada banyak, kardio, senam, Yoga atau menari. Tetapi, tetap pakai jersey agar nyaman. [...]


Buka tiap hari 08:00 - 22:00 WIB
SMS / WA : 0852-7000-9500
Email: prokaosjogja@gmail.com
Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta