× Home Contoh Desain Jersey Cara Order Harga Spesifikasi Portfolio Testimoni Blog Hubungi
Whatsapp: 0852-7000-9500 Jersey Printing Bikin Jersey Full Print Murah
WA / Telp
0852-7000-9500
Buka Setiap Hari
08:00 - 22:00 WIB

Penjualan Jersey Klub Besar Dunia Menurun Karena Pandemi Corona

Penjualan jersey klub dunia mengalami penurunan cukup tajam dalam beberapa bulan terakhirini. Hal tersebut diakibatkan oleh dampak panjang pandemi corona yang melanda dunia sejak awal 2020 lalu. Banyak kompetisi sepak bola harus ditunda selama beberapa bulan demi mencegah penyebaran corona semakin tersebar luas.

Industri sepak bola juga mengalami penurunan akibat tidak ada pemasukan dari penjual souvenir. Bahkan beberapa timharus rela merumahkan beberapa staff maupun pemain demi melindungi keuangan tim tersebut. Hal tersebut cukup mengkhawatirkan jika ada sebuah klub mengalami kerugian, atau bahkan sampai bangkrut.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, beberapa kompetisi dunia sudah mulai berjalan. Salah satunya adalah beberapa kompetisi liga di Eropa sudah memasuki pertengahan pekan. Namun sayangnya hal tersebut tidak dijumpai di Indonesia. Sampai saat ini masih belum ada kejelasan kapan akan dimulai kompetisi.

Bagi sepak bola Indonesia ini cukup memberikan tekanan yang sangat besar. Selain tidak ada kompetisi, klub juga kehilangan pendapatan dari penjualan tiket atau souvenir. Jersey bola yang merupakan souvenir paling dicari kemudian mulai ditinggalkan. Hal tersebut karena sudah ada lagi kompetisi sepak bola di Indonesia.

Penjualan Jersey

Menurunnya Penjualan Jersey Klub Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tim sepak bola mengalami tekanan berat selama pandemi corona yang tersebarluas. Tidak ada pertandingan mengakibatkan daya beli pendukung juga menurun dengan cepat. Ditambah dengan kondisi ekonomi yang belum stabil. Tentu saja keuangan tim mengalami beban berat yang perlu segera diselesaikan.

Misalnya saja adalah Madura United yang toko resminya hampir tidak bisa menjual 1 unit jersey klub dalam sehari. Kondisi ini memang cukup mengkhawatirkan mengingat salah satu pendapatan tim berasal dari penjualan souvenir. Akibatnya pemasukan menjadi berkurang dan pada akhirnya gaji staff maupun pemain juga menurun.

Seiring kompetisi yang belum jelas kapan dimulai, penjualannya juga tidak mendapatkan kejelasan. Jika dulu banyak orang membeli dan memakainya di tempat umum, namun saat ini sudah tidak bisa ditemui kembali. Euforia memakai sebuah jersey sudah tidak ada lagi bersamaan dengan kompetisi belum berjalan.

Kondisi sama juga dialami oleh PSS Sleman dengan pendapatan terus menurun secara drastis. Penurunan daya beli ini juga disebabkan karena tidak ada kompetisi liga di Indonesia. Bahkan jika dulu ada puluhan unit jersey tim yang terjual, namun sekarang hanya beberapa saja.

Menurunnya Penjualan Jersey Tim Eropa

Di Eropa sendiri yang dianggap sebagai kiblat olahragaini, dunia juga mengalami hal sama. Penjualan jersey tim di semua liga Eropa terus mengalami penurunan dengan cepat. Secara kasar, penjualan souvenir memgang peranan penting dalam pendapatan tim. Meskipun tidak sebesar penjualan tiket maupun kerjasama sponsor.

Namun faktanya penjualannya juga memberikan andil dalam bagian tim. Yang menjadi masalah adalah daya beli pendukung mulai menurun seiring pembatasan kompetisi. Meskipun kompetisi dijalankan, namun penggemar tidak bisa menonton secara langsung. Hal tersebut membuat euforia memakainya terus menurun dari waktu ke waktu.

Seperti sudah diketahui sebelumnyabahwa klub Eropa memiliki kekayaan besar, terutama klub dari 5 liga top. Namun, dengan situasi yang secara terus menerus seperti ini tentu akan membuat keuangan tm terus terkuras. Apalagi hampir semua klub menghabiskan sebagian besar pendapatan untuk memberikan gaji pada pemain.

Tidak heran jika banyak klub kaya di Eropa mulai waspada dengan kondisi tersebut. Beberapa upaya terus dilakukan dengan berbagai cara. Meskipun hasilnya tidak terlalu besar, namun setidaknya ada sedikit upaya untuk menyelamatkan klub. Jangan sampai mengalami kebangkrutan dan harus dibubarkan akibatadanya pandemi corona.

Hal ini memaksa FIFA harus menyediakan dana hingga ratusan juta dolar AS sebagai dana cadangan. Dana ini akan diberikan kepada negara anggota federasi dengan tim sepak bolanya mengalami kesulitan. Menariknya, pinjaman tersebut dilakukan dengan tanpa bunga pinjaman. Cukup membantu ketika penjualan jersey tim terus menurun.

Potensi Kerugian Klub Akibat Pandemi

Akibat daya jual jersey klub terus mengalami penurunan, potensi kerugian banyak klub juga terus meningkat. Meskipun itu klub kaya di Eropa, namun jika pemasukan terus mengalami penurunan maka juga hanya tinggal menunggu waktu. Potensi kerugian bisa terus bertambah seiring dengan bertambahnya waktu tidak jelasnya kompetisi.

Ditambah lagi meskipun kompetisi tetap berjalan, namun tidak ada penonton yang hadir. Gaji pemain dan staff harus tetap diberikan, namun faktanya pemasukan terus menurun. Hampir semua timdi Eropa menghabiskan lebih dari 50% pemasukan untuk gaji pemain. Sedangkan sisanya dipakai untuk biaya operasional tim.

Potensi kerugian pada musim 2020 lalu telah mencapai 450 juta dolar AS. Jika kondisi ini terus berjalan, maka pada akhir musim 2021 nanti potensinya akan meningkat. Potensi pendapatan yang hilang juga bisa saja meningkat jika ada hal buruk lain. Misalnya masalah hutang yang sering terjadi.

Kabar terbaru adalah tentang klub besar dari Spanyol, Barcelona yang mendekati kebangkrutan. Masalah hutang menjadi hal serius yang perlu diperhatikan. Apalagi penjualan souvenir seperti jersey tim juga terus mengalami penurunan. Penjualan tidak bisa menutupi beban kerugian dari dampak berkepanjangan pandemi corona di Eropa.

Meskipun begitu, kondisi keuangan di klub Eropa nyatanya masih lebih baik daripada Indonesia. Kompetisi Eropa masih berjalan meskipun pembatasan kapasitas penonton. Sedangkan Indonesia benar-benar menghentikan kompetisi secara total. Menarik diperhatikan kapan situasi ini akan berakhir dan memperbaiki keuangan setiap tim di Indonesia maupun dunia.

Komoditas Ekonomi Industri Sepak Bola

Sepak bola sudah bukan lagi hanya sebagai kompetisi olah raga saja, melainkan kompetisi ekonomi. Olahragaini dijadikan sebagai salah satu komoditas bisnis paling menguntungkan di dunia karena banyak hal. Hadirnya sponsor, jersey klub, fans fanatik, dan sebagainya merupakan bagian dari komoditas ekonomi di dunia bola.

Sebagai contoh, hadirnya Cristiano Ronaldo di Juventus pada 2018 membawa dampak besar. Pembelian pemain dianggap sebagai sebuah investasi besar. Ronaldo datang dengan biaya mencapai Rp 1,6 trilliun. Namun setelah pengumuman resmi, hanya dalam waktu 24 jam saja jersey tim bertuliskan Ronaldo menghasilkan Rp 916 miliar.

Angka tersebut cukup membuktikan bahwa penjualan souvenir berupa jersey memberikan keuntungan besar. Apalagi jika pemain yang dibeli memiliki pamor kuat dalam duniaolahragaini. Para penggemar juga tidak akan ragu menyisihkan uang untuk mendapatkannya. Hal inilah menjadi salah satu faktor kekayaan tim.

Angka penjualan souvenir memang cukup besar di beberapa liga top Eropa. Peran penting sebagai tambahan pemasukan tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi dalam situasi seperti ini, maka perlu upaya lebih lagi. Mengingat olahragainisudah dijadikan sebagai komoditas bisnis menguntungkan bagi beberapa orang.

Pendapatan tim memang terus menurun di tengah isu pandemi yang belum menunukan tanda-tanda usai. Beberapa timbahkan berada di ambang kebangkrutan karena tidak mampu menjalankan operasional. Faktor pendapatan dari penjualan souvenir yang menurun adalah penyebabnya. Salah satunya tentu adalah penjualan jersey tim yang terus menurun.


Baca Juga:

Sejak pandemi 2020 di Indonesia kegiatan bersepeda dengan menggunakan jersey gowes menjadi kegiatan populer. Sebenarnya bersepeda merupakan salah satu hobi yang cukup banyak penggemarnya. Namun akibat pandemi ternyata sangat berpengaruh besar bagi kegiata [...]


Bahan pakaian jersey termasuk jersey tim futsal merupakan baju yang dibuat untuk keperluan khusus dalam kegiatan olahraga. Ketika banyak bergerak dan berkeringat jersey bisa tetap lebih nyaman dikenakan karena bahannya ringan di badan sehingga performa sa [...]


Manfaatkan jersey olahraga di rumah untuk berolahraga selama pandemi corona, ini daftar aktivitas paling direkomendasikan dan dapat meningkatkan imun. Siapkan jersey olahraga agan dan mulai rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah wabah p [...]


Membahas tentang pentingnya jersey tim sebagai identitas pemain sepakbola, bulutangkis dan lain-lainnya. Simak di sini untuk pembahasannya. [...]


Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang wajib agan lakukan pilihannya ada banyak, kardio, senam, Yoga atau menari. Tetapi, tetap pakai jersey agar nyaman. [...]


Buka tiap hari 08:00 - 22:00 WIB
SMS / WA : 0852-7000-9500
Email: prokaosjogja@gmail.com
Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta