× Home Contoh Desain Jersey Cara Order Harga Spesifikasi Portfolio Testimoni Blog Hubungi
Whatsapp: 0852-7000-9200Jersey Printing Bikin Jersey Full Print Murah
WA / Telp
0852-7000-9200
Buka Setiap Hari
08:00 - 22:00 WIB

Kesalahan Fatal saat Main Futsal

Kesalahan main futsal kerap dilakukan oleh pemula. Futsal bukan hanya permainan tetapi pada prinsipnya adalah olahraga. Dimana setiap orang harus memperhatikan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki lapangan. Namun saat ini futsal lebih banyak dilakukan sebagai aktivitas selingan dari rutinitas pekerjaan.

Futsal dilakukan sebagai ajang untuk berkumpul bermain bersama rekan kerja atau teman sepermainan. Disikapi sebagai aktivitas hiburan dengan bonus badan bugar. Maka tidak heran jika banyak kita temui permainan olahraga ini justru dilakukan malam hari di arena olahraga berbayar.

Main Futsal

Banyak diantara dari para pecinta olahraga ini tidak memikirkan soal uang dan jam olahraganya. Padahal sebenarnya tidak harus menggunakan arena berbayar, untuk berolahraga bisa dilakukan dimana saja, misalnya seperti di lapangan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika bermain futsal, antara lain:

Pengaruh Bermain Setelah Jam Makan 

Kesalahan dalam main futsal yang tidak disadari khususnya bagi pemula adalah waktu permainan. Lebih banyak dimainkan di malam hari setelah pulang kantor dan umumnya didahului dengan makan malam. Tidak ada salahnya makan setelah pulang dari kantor. Namun jika setelahnya ada agenda bermain futsal perlu dipertimbangkan jarak waktunya.

Jangan langsung bermain setelah selesai makan. Beri jeda setidaknya setengah sampai satu jam agar pencernaan tidak terganggu. Bermain lebih fokus dan lancar karena tidak terjadi risiko sakit perut dan sebagainya. Untuk hal ini perlu diperhitungkan antara jam pulang kantor, jam makan dan waktu dimulainya permainan. 

Perhitungan porsi makan dan minum agar tidak terjadi kesalahan dalam bermain futsal. Seringkali kita tidak sadar sudah memasukkan banyak makanan ke dalam perut dalam satu waktu. Baru terasa kenyang setelah selesai makan dan minum air. Jika terlalu kenyang karena makan banyak sebaiknya tunda dulu untuk olahraga.

Kondisi perut yang tidak netral dapat mengganggu kenyamanan selama permainan. Kurang gesit berlari, nafas kurang teratur dan tidak fokus. Bukan hanya memperkecil peluang menang tetapi dapat mengganggu kenyamanan bahkan kesehatan. Porsi minum juga perlu dibatasi. Sisakan ruang untuk udara agar perut tetap nyaman selama bermain.

Karena bila hal tersebut tetap dipaksakan, maka permainan ini bisa berakibat fatal terhadap kondisi kesehatan Anda. Seperti yang diketahui bahwa banyak orang kerap mengalami masalah meski sering berolahraga. Salah satunya adalah karena mereka tidak melakukannya di waktu yang tepat.

Kesalahan Dalam Bermain Futsal Tanpa Pemanasan

Salah satu kesalahan yang juga banyak terjadi adalah kurang atau tanpa pemanasan sebelumnya. Ini merupakan kesalahan fatal paling banyak dalam berolahraga. Persendian dan otot bisa cidera jika tidak dilakukan stretching terlebih dahulu. Apalagi jika bermain setelah beraktivitas di kantor selama seharian dimana tubuh sudah lelah. 

Pemula sering menyepelekan kebutuhan otot dan persendian untuk dipersiapkan terlebih dahulu. Menganggap tubuh masih prima untuk melakukan aktivitas fisik. Sedangkan olahraga futsal memerlukan tenaga besar. Didalamnya terdapat aktivitas berlari dan menendang. Pada aktivitas tersebut otot bekerja lebih keras. Maka persiapan sangat penting agar tidak kram. 

Kurang pemanasan, otot belum siap untuk bekerja lebih keras. Berlari membutuhkan tenaga di bagian kaki dan panggul. Bisa saja pada saat menendang bola tenaga yang dikeluarkan terlalu besar. Sehingga otot bisa terkilir akibatnya terasa sakit pada bagian punggung, panggul atau kaki hingga pada persendian kaki.

Jika hal ini terjadi risiko yang dihadapi lebih serius. Rasa nyeri di bagian otot kaki dan sekitarnya bisa berlangsung dalam waktu lama. Akibatnya bukan hanya tidak bisa meneruskan permainan futsal tetapi bisa berlarut sehingga aktivitas harian terganggu. 

Selain itu, bila hal tersebut tetap dibiarkan begitu saja maka bisa terjadi risiko kesehatan yang lebih serius. Misalnya saja mengalami cedera otot atau bahkan permasalahan pada tulang yang mengakibatkan kelumpuhan dan penyakit lainnya. Sayangnya hal tersebut sering diabaikan sehingga masih banyak yang mengalami masalah serupa.

Akibat Tidak Memperhatikan Kelengkapan Bermain 

Sebelum memasuki arena atau lapangan futsal perhatikan dulu apa saja yang dibutuhkan. Terutama berhubungan dengan keselamatan selama menggiring dan menendang bola. Pakaian yang dikenakan harus nyaman standar olahraga. Jangan menggunakan kaos terlalu tebal atau ketat karena bisa mengganggu fleksibilitas. Terlihat sepele namun berpengaruh sangat besar.

Pakaian yang dikenakan harus menyerap keringat dengan baik dan breathable. Pilih bahan cepat kering supaya keringat tidak tertahan yang menyebabkan efek dingin di kulit mengingat futsal sering dimainkan malam hari. Pakaian harus ringan supaya tidak mengganggu saat berlari. Alas kaki juga perlu mengikuti standar keamanan. 

Gunakan sepatu khusus untuk futsal. Bukan sepatu olahraga biasa, sepatu lari atau sepatu bola. Sepatu ini tersedia khusus dan bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan olahraga. Sama-sama merupakan alas kaki namun jika penggunaannya tidak tepat bisa mengganggu kenyamanan. Apalagi futsal banyak aktivitas berlari dan menendang bola.

Kesalahan dalam main futsal yang tidak diperhatikan adalah dari segi pakaian ini. Meski hanya bermain selama 10 atau 15 menit tetapi persiapan harus matang. Segera ganti pakaian atau alas kaki jika dirasa sudah tidak nyaman digunakan. Risiko lecet, terkilir sangat besar jika salah pilih alas kaki

Maka dari itu jangan pernah menggunakan alas kaki yang murahan. Karena murah itu belum tentu selamat. Akan lebih baik bila Anda memilih alas kaki yang benar-benar nyaman dan aman di kaki. Sehingga hal ini dapat mendukung permainan di lapangan.

Efek Bermain Saat Kondisi Kurang Fit

Olahraga permainan bukan sekedar having fun. Meski tujuan semula hanya refreshing dan silaturahmi bersama teman serta dilakukan dalam durasi singkat, tetapi kenali kondisi tubuh terlebih dahulu. Apakah badan dalam keadaan prima sehingga menghindari kesalahan dalam main futsal. Atau perlu banyak istirahat karena berbagai faktor kondisi sebelumnya.

Perhatikan aktivitas sebelumnya jika dalam waktu dekat akan berolahraga berat. Apakah lembur semalam suntuk? Mengalami gejala flu, lelah karena pekerjaan, pikiran sedang tidak fokus dan sebagainya. Meski memiliki passion dalam bidang berolahraga tetapi kondisi tubuh perlu dijaga agar tidak terjadi risiko kesehatan lebih serius nantinya.

Karena sekuat olahragawan itu tetap saja merupakan manusia biasa. Sehingga tidak bisa terus memaksakan diri untuk bermain ketika kondisi kesehatan badannya sedang tidak mendukung. Bila tetap bermain saat situasinya sedang buruk, ini bisa menyebabkan permasalahan kesehatan yang merugikan.

Tidak masalah jika rehat sejenak dari rutinitas atau agenda rutin olahraga futsal. Meski hanya mengalami gejala kurang tidur sebaiknya tunda dulu aktivitas fisik berat. Utamakan istirahat agar badan kembali bugar sehingga lebih siap mengikuti pertandingan futsal. Hindari mengkonsumsi suplemen penambah stamina jika kondisi tidak mendesak.

Mengikuti peraturan permainan yang berlaku juga sangat penting dilakukan. Jangan sampai melakukan kesalahan sepele yang pada akhirnya merugikan diri sendiri untuk jangka panjang. Terutama bagi pemula yang baru mengenal dan menekuni olahraga. Kesalahan main futsal bisa dihindari sedini mungkin dengan mengikuti panduan bermain yang benar.


Baca Juga:

Futsal, sebagai bentuk modifikasi sepak bola dalam ruangan, telah mencuri perhatian banyak orang berkat dinamika dan kecepatan permainannya. Dalam upaya meraih performa terbaik dan menjaga keselamatan selama bermain, pemahaman tentang teknik-teknik dasar [...]


Mengapa warna hitam sering dipilih untuk desain jersey. Kelebihan warna hitam: terlihat elegan, terlihat profesional, mudah dikenali, mudah dipadukan dengan warna lainnya [...]


Berikut adalah 5 tips untuk memilih jersey futsal yang tepat [...]


Latar belakang pemilihan warna dalam pembuatan jersey printing adalah pentingnya warna dalam menunjukkan identitas suatu tim atau merek [...]


Warna putih sering dianggap sebagai warna yang elegan dan bersih. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesan yang diberikan oleh warna tersebut, yaitu kebersihan, kemurnian, dan keeleganan. [...]


Buka tiap hari 08:00 - 22:00 WIB
SMS / WA : 0852-7000-9200
Email: prokaosjogja@gmail.com
Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta
×
Pencarian Jersey:

Yang sering dicari: