× Home Contoh Desain Jersey Cara Order Harga Spesifikasi Portfolio Testimoni Blog Hubungi
Whatsapp: 0852-7000-9200Jersey Printing Bikin Jersey Full Print Murah
WA / Telp
0852-7000-9200
Buka Setiap Hari
08:00 - 22:00 WIB

Drag Race yang Bukan Hanya Sekedar Hobby Mahal

Seperti yang diketahui, banyak orang beranggapan bahwa drag race hanya merupakan sebuah hobby mahal. Namun sebenarnya hobby ini memiliki arti sangat jauh dari itu. Orang-orang yang mempunyai anggapan seperti itu biasanya hanya orang berpikiran pendek. Mereka tidak mengetahui sama sekali mengenai ini namun sudah berani untuk menyimpulkan.

Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa di Indonesia sendiri terdapat banyak oknum yang sering melakukan hal ini secara liar atau tidak resmi. Hal tersebut telah membuat banyak masyarakat resah dan juga membuat mereka memiliki pikiran negatif akan hobby tersebut. Jadi, memang orang-orang tersebut tidak dapat disalahkan sepenuhnya.

Drag Race

Mengingat kurangnya fasilitas yang diberikan pemerintah untuk hobby ini mungkin salah satu alasan mengapa oknum tersebut melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya pemerintah memberikan fasilitas yang memadai agar hobby ini dapat berkembang dengan baik dan tidak menjadi suatu hobby buruk dalam pandangan masyarakat.

Tapi sebelum itu juga sebaiknya masyarakat mencari tahu informasi terlebih dahulu sebelum  menanggapi suatu permasalahan jika belum mengetahui apa apa tentang permasalahan tersebut. Karena hal tersebut memiliki dampak besar yang dapat menimbulkan perpecahan antar bangsa sendiri.

Apa yang Dimaksud Drag Race Itu?

Mungkin sudah banyak orang yang pernah bahkan sering menonton balapan drag race, namun tidak sedikit juga orang yang belum mengetahuinya. Pada dasarnya balapan ini tidak berbeda jauh dengan balap motor atau mobil biasanya, hanya saja balapan ini dilakukan di lintasan yang lebih pendek.

Balapan ini sering disebut juga dengan sprints. Sprints merupakan suatu balapan dimana 2 kontestan berada di belakang garis start yang mempunyai tanda start sama yaitu lampu secara bersampingan. Ketika lampu tersebut berubah menjadi berwarna hijau maka balapan tersebut sudah dimulai.

Kedua pembalap harus memacu kendaraannya baik itu mobil atau juga motor dengan lintasan yang bersampingan sejauh ¼ mil atau sekitar 402 meter. Pembalap yang mampu mencapai garis finish tercepat atau dengan catatan waktu tersingkat maka itu merupakan pemenangnya.

Balapan mobil atau juga motor pada umumnya membutuhkan skill tinggi juga khusus. Namun berbeda dengan balap drag atau sprints ini. Balapan ini diklaim memiliki risiko sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan balap biasanya karena sprints memakai lintasan lebih pendek dan juga hanya melibatkan dua kendaraan di tiap babaknya.

Di tanah air sendiri balapan ini cukup populer, banyak sekali penyelenggara resmi balap drag meski dengan lintasan berjarak 201 meter karena terbatasnya lahan. Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang telah atau ingin terjun dalam dunia drag race ini. Maka mengenalnya terlebih dahulu merupakan keputusan tepat.

Alasan Drag Race Bukan Hanya Sekedar Hobby Mahal

Untuk menekuni hobby ini memang membutuhkan tidak sedikit dana. Banyak sekali hal yang perlu dilakukan agar bisa melakukan hobby tersebut, seperti memodifikasi motor atau mobil dengan aksesoris, menambahkan atau mengupgrade sparepart juga mesin agar dapat melaju lebih cepat, menggunakan bahan bakar berbeda dari pada umumnya, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut tentu tidak murah untuk dapat dicapai. Jika Anda merupakan seseorang yang memiliki hobby dibidang motor atau mobil, mungkin Anda dapat mengerti bahwa harga juga biaya jasa yang diperlukannya cukup mahal agar terciptanya kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, kendaraan motor atau mobil yang digunakannya juga tidak boleh sembarangan. Kendaraan tersebut harus menggunakan bahan bakar nitrometana dimana bahan bakar tersebut berbeda dan sulit ditemukan daripada bahan bakar lainnya. Maka dari itu, harganya juga tentu berbeda, bahan bakar ini memiliki harga lebih tinggi dibanding biasanya.

Menurut penelitian mengatakan bahwa untuk membuat satu kendaraan baik motor atau mobil agar dapat menekuni hobby tersebut dibutuhkan dana sekitar USD 50.000 atau dalam rupiah sekitar ratusan juta. Dan bahkan ada orang yang sampai harus mengeluarkan jutaan dolar untuk hal tersebut. Namun itu tetap kembali lagi tergantung jenis kendaraannya.

Meski modal yang diperlukan sangat banyak sekali, namun ternyata hobby ini bukan hanya sekedar hobby mahal. Hobby tersebut dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada modal yang telah dikeluarkan. Dengan hobby tersebut Anda bisa mendapatkan lebih dari jutaan dollar jika menekuninya dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, hal lainnya yang bisa didapatkan yaitu kesenangan, adrenalin tinggi, melatih mental, melatih fisik, dan lain sebagainya. Jadi, hobby ini memang dapat dikatakan bukan sekedar hobby mahal. Disebut hobby mahal karena orang yang menyebutnya tidak dapat melihat peluang dengan jelas.

Hal yang Dapat Ditimbulkan Oleh Drag Race

Segala aktivitas di dunia ini pasti memiliki dampaknya tersendiri, begitu juga dengan balap drag atau sprints. Hal yang dapat ditimbulkan oleh hobby tersebut memang sangat banyak. Terdapat berbagai macam dampak yang akan terjadi mulai dari dampak positif hingga dampak negatif. Maka sebaiknya Anda mengetahui dampak tersebut sebelum akan melakukannya.

Selain dapat menghasilkan banyak sekali uang, hobby ini juga dapat menimbulkan dampak terburuk jika dilakukan secara sembarangan. Risiko fatal dari sprints yaitu kematian atau cacat. Apalagi jika sprints dilakukan secara liar atau illegal. Maka kemungkinan risiko yang akan terjadi juga lebih besar.

Biasanya para pecinta hobby ini sudah siap untuk menanggung segala dampaknya. Mulai dari dampak baik hingga dampak buruk. Namun, apakah nyawa sebanding dengan sebuah hobby? Tentu saja tidak. Maka dari itu Anda harus lebih berhati-hati jika ingin menekuni hobby tersebut.

Satu nyawa atau kehidupan tidak sebanding dengan sebuah hobby. Anda dapat mendapatkan hal lebih daripada hal yang bisa dihasilkan sebuah hobby dengan nyawa tersebut. Maka dari itu, banyak hal perlu diperhatikan jika ingin menekuni hobby balap drag ini.

Tips Melakukan Hobby Drag Race

Untuk meminimalisir risiko atau dampak negatif yang akan dihasilkan, Anda perlu melakukan hal ini sebelum melakukan hobby tersebut. Hal ini selain akan mengurangi dampak risiko juga bisa membantu Anda untuk memenangkan balapan tersebut. Maka Anda harus memperhatikannya dengan seksama.

  1. Melakukan Setting

Sebelum melakukan balapan drag, pastikan Anda telah men-setting mesin juga kaki-kaki kendaraan yang akan digunakan. Karena mesin dan kaki-kaki adalah bagian mutlak. Jika Anda tidak memperhatikannya maka kemungkinan terjadinya risiko buruk atau dampak negatif lebih besar.

  1. Berlatih

Berlatih juga sangat perlu untuk dilakukan. Dengan sering berlatih maka Anda akan mulai terbiasa dalam melakukan hobby tersebut. Lalu, berlatih juga akan mengurangi rasa gugup dan khawatir ketika berada di garis start karena sudah terbiasa.

  1. Safety

Dan ini paling penting. Anda tentu sangat diwajibkan untuk memakai perlengkapan keamanan seperti helm, pelindung, sabuk pengaman (jika mobil) dan lain sebagainya. Maka jika terjadi hal tidak diinginkan, kerusakan yang ditimbulkan juga tidak akan begitu parah.

Jika memperhatikan tips tersebut, Anda pasti akan lebih aman dan nyaman ketika melakukan balapan. Memang, Drag Race bukan hanya sekedar hobby mahal. Namun lebih jauh dari itu. Agar hobby ini dipandang positif, maka ikuti kompetisi resmi jika ingin melakukan balapan.


Baca Juga:

Futsal, sebagai bentuk modifikasi sepak bola dalam ruangan, telah mencuri perhatian banyak orang berkat dinamika dan kecepatan permainannya. Dalam upaya meraih performa terbaik dan menjaga keselamatan selama bermain, pemahaman tentang teknik-teknik dasar [...]


Mengapa warna hitam sering dipilih untuk desain jersey. Kelebihan warna hitam: terlihat elegan, terlihat profesional, mudah dikenali, mudah dipadukan dengan warna lainnya [...]


Berikut adalah 5 tips untuk memilih jersey futsal yang tepat [...]


Latar belakang pemilihan warna dalam pembuatan jersey printing adalah pentingnya warna dalam menunjukkan identitas suatu tim atau merek [...]


Warna putih sering dianggap sebagai warna yang elegan dan bersih. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesan yang diberikan oleh warna tersebut, yaitu kebersihan, kemurnian, dan keeleganan. [...]


Buka tiap hari 08:00 - 22:00 WIB
SMS / WA : 0852-7000-9200
Email: prokaosjogja@gmail.com
Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta
×
Pencarian Jersey:

Yang sering dicari: